Minggu, 27 November 2011

lyrics Leaving On A Jets Plane

All my bags are packed
Im ready to go
Im standin here outside your door
I hate to wake you up to say goodbye


But the dawn is breaking
Its early morn
The taxis waiting
Hes blowin his horn
Already Im so lonesome
I could die


So kiss me and smile for me
Tell me that youll wait for me
Hold me like youll never let me go

Theres so many times I’ve let you down
So many times I’ve played around
I tell you now, they dont mean a thing
Every place I go, I’ll think of you
Every song I sing, I’ll sing for you
When I come back, I’ll bring your wedding ring


So kiss me and smile for me
Tell me that you’ll wait for me
Hold me like you’ll never let me go
Cause I’m leaving on a jet plane
Don;t know when Ill be back again
Oh babe, I hate to go

Now the time has come to leave you
One more time
Let me kiss you
Then close your eyes
Ill be on my way


Dream about the days to come
When I wont have to leave alone
About the times, I wont have to say


Oh, kiss me and smile for me
Tell me that you’ll wait for me
Hold me like you’ll never let me go
Cause I’m leaving on a jet plane
Don’t know when Ill be back again
Oh babe, I hate to go


But, I’m leaving on a jet plane
Don’t know when Ill be back again
Oh babe, I hate to go

My Idola>>Mr. Habibie

Nama: Prof. Dr.Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie
Lahir: Pare-Pare, 25 Juni 1936
Agama: Islam
Jabatan : Presiden RI Ketiga (1998-1999)
Pendiri dan Ketua Dewan Pembina The Habibie Center
Istri: dr. Hasri Ainun Habibie (Menikah 12 Mei 1962)
Anak: Ilham Akbar dan Thareq Kemal
Cucu: Empat orang
Ayah: Alwi Abdul Jalil Habibie
Ibu: R.A. Tuti Marini Puspowardoyo
Jumlah Saudara: Anak Keempat dari Delapan Bersaudara

Pendidikan :
1. ITB Bandung, tahun 1954
2. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar Diplom-Ingenieur, predikat Cum laude pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1955-1960).
3. Rheinisch Westfalische Technische Hochscule (RWTH), Aachen, Jerman, dengan gelar doktor konstruksi pesawat terbang, predikat Summa Cum laude, pada Fakultas Mekanikal Engineering, Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang (1960-1965).
4. Menyampaikan pidato pengukuhan gelar profesor tentang konstruksi pesawat terbang di ITB Bandung, pada tahun 1977.

Pekerjaan :
1. Kepala Riset dan Pengembangan Analisis Struktur pada perusahaan Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Hamburg, Jerman antara tahun 1965-1969.
2. Kepala Divisi Metode dan Teknologi pada Pesawat Komersial dan Angkut Militer MBB Gmbh, di Hamburg dan Munchen antara 1969-19973
3. Wakil Presiden dan Direktur Teknologi pada MBB Gmbh, Hamburg dan Munchen tahun 1973-1978
4. Penasehat Senior Teknologi pada Dewan Direksi MBB tahun 1978.
5. Pulang ke Indonesia dan memimpin Divisi Advanced Technology Pertamina, yang merupakan cikal bakal BPPT, tahun 1974-1978.
6. Penasehat Pemerintah Indonesia di Bidang Pengembangan Teknologi dan Pesawat Terbang, bertanggungjawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia Soeharto pada tahun 1974-1978.
7. Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tahun 1978-1998.
8. Wakil Presiden R.I. pada 11 Maret 1998-21 Mei 1998.
9. Presiden RI 21 Mei 1998-20 Oktober 1999.

Organisasi:
Pendiri dan Ketua Umum ICMI

Penghargaan:
Theodore van Karman Award

sumber : http://clubbing.kapanlagi.com/threads/23578-Biodata-Presiden-Presiden-RI

Tanda-tanda Khusnul Khotimah


Sungguh merupakan kebahagiaan seorang muslim jika ia meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah ( akhir hayat yang baik ). Dan hal ini yang selalu didambakan oleh seorang muslim, baik yang taat maupun yang tidak taat sekalipun. Karena kesemuanya menginginkan nikmat yang tiada tara, yaitu Surga.
Penyebutan angka 18 bukanlah berarti sebagai pembatasan, karena kriteria dan tanda-tanda husnul khotimah itu lebih dari 18 tanda. Sebagaimana yang dikatakan al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani, “Dan telah terkumpul pada kami dari jalan-jalan yang baik lebih dari 20 kriteria (husnul khotimah, khususnya mati syahid,).”
Sesungguhnya Pembuat Syari’at Yang Maha Bijaksana telah memberikan tanda-tanda yang jelas sekaligus menunjukan kepada husnul khotimah ( akhir kehidupan yang baik ) mudah-mudahan Alloh menetapkannya bagi kita dengan karunia-Nya, maka siapa saja yang meninggal dengan salah dari satu tanda-tanda tersebut, maka baginyalah berita yang menggembirakan. Di antara tanda-tanda yang menggembirakan itu adalah sebagai berikut :
1.Mengucapkan Syahadat Ketika Hendak Meninggal.
2.Meninggal Dengan Mengeluarkan Keringat di Dahi.
3.Meninggal Dunia Malam Jum’at atau Pada Siang Harinya.
4.Syahid Di Medan Perang.
5.Meninggal Dunia Dalam Keadaan Perang Di Jalan Alloh.
6.Meninggal Dunia Karena Penyakit Tho’un.
7.Meninggal Karena Penyakit Perut.
8.Meninggal Karena Tenggelam
9.Meninggal Karena Tertimpa Reruntuhan
10.Wanita Yang Meninggal Ketika Mengalami Masa NIfasnya Disebabkan (Melahirkan)
11.Meninggal Karena Terbakar.
12.Meninggal Karena Tumor di Rusuk.
13.Meninggal Dunia Karena Penyakit TBC.
14.Meninggal Dunia Karena Mempertahankan Harta yang hendak Dirampas.
15.Meninggal Dunia Dalam Mempertahankan Agama.
16.Meninggal Dunia Dalam Mempertahankan Jiwa.
17.Meninggal Karena Berperang di Jalan Alloh.
18.Meninggal Dalam Beramal Sholih.
Sumber : Syaikh Nasirudin Al-Albani, "18 Tanda Hunul Khotimah" Pustaka Ulil Abab
sumber : http://www.voa-islam.com/islamia/aqidah/2009/08/29/919/18-tanda-husnul-khotimah/

Tips Diet alami

Hal yang pertama anda harus tahu adalah berapa berat badan ideal anda, cara menghitung berat badan ideal cukup mudah yaitu:
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) – ( 10% tinggi badan -100)
Contohnya : Jika tinggi badan anda adalah setinggi 150 cm, maka berat badan anda adalah (150 – 100) – (10% x (150 – 100) = 50 – 5 = 45 kg.
Dengan mengetahui berat badan ideal, anda dapat mulai menentukan rencana diet alami anda!
1. Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk apa? Seperti apa?
Cobalah kembali refleksikan kepada diri anda, bagaimana kebiasaan makan anda selama ini, teratur atau tidak, cemilan yang anda konsumsi, rokok, dll. Tidak lupa dengan fast food, sebaiknya anda mulai berusaha untuk menguranginya. Inilah alasan mengapa memulai diet alami mungkin akan sulit.
2. Makan buah dan sayuran
Buktinya, di Indonesia konsumsi buah dan sayur masih sangat minim! Malahan jumlah konsumsi garam dan gula (yang seharusnya Cuma 5%/hari) justru yang lebih banyak. Paradigma untuk mengubah ini hanya bisa dimulai dari kita sendiri, bukan begitu?
3. Istirahat yang cukup
Memang berpengaruh? Ya! Orang yang memiliki keteraturan dalam istirahatnya, peluang untuk memiliki berat badan ideal lebih besar ketimbang mereka yang tidak teratur dalam istirahatnya. Inilah tips diet alami termudah yang dapat dilakukan :)
4. Olah raga
Banyak yang menganggap bahwa olahraga itu ribet, mahal, dan menyita banyak waktu. Padahal kita bisa berolahraga dengan fleksibel, seperti meregangkan otot, push-up, senam, dan banyak lagi yang tentunya dapat kita lakukan dirumah sekalipun! Inti tips diet alami ini adalah mengaktifkan otot-otot dan membakar lemak.

sumber : http://turunberatbadan.com/700/diet-alami-lebih-aman-untuk-tubuh/

Pengertian Studi Islam

Studi Islam secara etimologis merupakan terjemahan dari Bahasa Arab Dirasah Islamiyah. Sedangkan Studi Islam di barat dikenal dengan istilah Islamic Studies. Maka studi Islam secara harfiah adalah kajian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Makna ini sangat umum sehingga perlu ada spesifikasi pengertian terminologis tentang studi Islam dalam kajian yang sistematis dan terpadu. Dengan perkataan lain, Studi Islam adalah usaha sadar dan sistematis untuk mengetahui dan memhami serta membahas secara mendalam tentang seluk-beluk atau hal-hal yang berhubungan dengan agama Islam, baik berhubungan dengan ajaran, sejarah maupun praktik-praktik pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, sepanjang sejarahnya.

Studi Islam diarahkan pada kajian keislaman yang mengarah pada tiga hal: 1) Islam yang bermuara pada ketundukan atau berserah diri, 2) Islam dapat dimaknai yang mengarah pada keselamatan dunia dan akhirat, sebab ajaran Islam pada hakikatnya membimbing manusia untuk  berbuat kebajikan dan menjauhi semua larangan, 3) Islam bermuara pada kedamaian.
Usaha mempelajari agama Islam tersebut dalam kenyataannya bukan hanya dilaksanakan oleh  kalangan umat Islam saja, melainkan juga dilaksanakan oleh orang-orang di luar kalangan umat Islam. Studi keislaman di kalangan umat Islam sendiri tentunya sangat berbeda tujuan dam motivasinya dengan yang dilakukan oleh orang-orang di luar kalangan umat Islam. Di kalangan umat Islam, studi keislaman bertujuan untuk memahami dan mendalami serta membahas ajaran-ajaran Islam agar mereka dapat melaksanakan dan mengamalkannya dengan benar. Sedangkan di luar kalangan umat Islam, studi keislaman bertujuan untuk mempelajari seluk-beluk agama dan praktik-praktik keagamaan yang berlaku di kalangan mat Islam, yang semata-mata sebagai ilmu pengetahuan (Islamologi). Namun sebagaimana halnya dengan ilmu-ilmu pengetahuan pada umumnya, maka ilmu pengetahuan tentang seluk-beluk agama dan praktik-praktik keagamaan Islam tersebut bisa dimanfaatkan atau digunakan untuk tujuan-tujuan tertentu, baik yang bersifat positif maupun negative.
Para ahli studi keislaman di luar kalangan umat Islam tersebut dikenal dengan kaum orientalis (istisyroqy), yaitu orang-orang Barat yang mengadakan studi tentang dunia Timur, termasuk di kalangan dunia orang Islam. Dalam praktiknya, studi Islam yang dilaukan oleh mereka, terutama pada masa-masa awal mereka melakukan studi tentang dunia Timur, lebih mengarahkan dan menekankan pada pengetahuan tentang kekurangan-kekurangandan kelemahan-kelemahan ajaran agama Islam dan praktik-praktik pemgalaman ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari uamat Islam. Nmaun, pada masa akhir-akhir ini banyak juga di antara para orientalis yang memberikan pandangan-pandangan yang objektif dan bersifat ilmiah terhadap Islam dan umatnya. Tentu saja pandangan-pandangan yang demikian itu kan bisa bermanfaat bagi pengembangan studi-studi keislaman di kalangan umat Islam sendiri.
Kenyataan sejarah menunjukkan (terutama setelah masa keemasan Islam dan umat Islam sudah memasuki masa kemundurannya) bahwa pendekatan studi Islam yang mendominasi kalangan umat Islam lebih cenderung bersifat subjektif, apologi, dan doktriner, serta menutup diri terhadap pendekatan yang dilakukan orang luar yang bersifat objektif dan rasional. Dengan pendekatan yang bersifat subjektif apologi dan doktriner tersebut, ajaran agama Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan hadits –yang pada dasarnya bersifat rasional dan adaptif terhadap tuntutan perkembangan zaman- telah berkembang menjadi ajaran-ajaran yang baku dan kaku serta tabu terhadap sentuhan-sebtuhan rasional, tuntutan perubahan, dan perkembangan zaman. Bahkan kehidupan serta keagamaan serta budaya umat Islam terkesan mandek, membeku dan ketinggalan zaman. Ironisnya, keadaan yang demikian inilah yang menjadi sasaran objek studi dari kaum orientalis dalam studi keislamannya.
Dengan adanya kontak budaya modern dengan budya Islam, mendorong para Ulama’ tersebut untuk bersikap objektif dan terbuka terhadap pandangan luar yang pada gilirannya pendekatan ilmiah yang bersifat rasional dan objektif pun memasuki dunia Islam, termasuk pula dalam studi keislaman di kalangan umat Islam sendiri. Maka, dengan menampilkan kajian yang objektif dan ilmiah, maka ajaran-ajaran Islam yang diklaim sebagai ajaran universal bisa menjadi berkembang dan menjadi sangat relevan dan dibutuhkan oleh umat Islam serta betul-betul mampu menjawab tantangan zaman.

Tujuan Studi Islam
Studi Islam, sebagai usaha untuk mempelajari secara mendalam tentang Islam dan segala seluk-beluk yang berhubungan dengan agama Islam, sudah tentu mempunyai tujuan yang jelas, yang sekaligus menunjukkan kemana studi Islam tersebut diarahkan. Dengan arah dan tujuan yang jelas itu, maka dengan sendirinya studi Islam akan merupakan uasha sadar dan tersusun secara sistematis.

Adapun arah dan tujuan studi Islam dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Untuk mempelajari secara mendalam tentang apa sebenarnya (hakikat)agama Islam itu, dan bagaimana posisi serta hubungannya dengan agama-agama lain dalam kehidupan budaya manusia; 2) Untuk mempelajari secara mendalam pokok-pokok isi ajaran agama Islam yang asli, dan bagaimana penjabaran serta operasionalisasinya dalam pertumbuhan dan perkembangan budaya dan peradaban Islam sepanjang sejarahnya; 3) Untuk mempelajari secara mendalam sumber dasar ajaran agama islam yang tetap abadi dan dinamis, dan bagaimana aktualisasinya; 4) Untuk mempelajari secara mendalam prinsip-prinsip dan nili-nilai dasar ajaran agama Islam, dan bagaimana realisasinya dalam membimbing dan mengarahkan serta mengontrol perkembangan budaya dan peradaban manusia pada zaman modern ini.

Selanjutnya dengan tujuan-tujuan tersebut diharapkan agar studi Islam akan bermanfaat bagi peningkatan usaha pembaruan dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam pada umumnya, dalam usaha transformasi kehidupan sosial buday sert agama umt Islam sekarang ini, menuju kehidupan sosial-budaya modern pada generasi-generasi mendatang, sehingga misi Islam sebagai rahmah lil ‘alamin dapat terwujud dalam kehidupan nyata di dunia global.

sumber : http://disini-blogku.blogspot.com/2011/01/pengertian-studi-islam-dan-arti-penting.html

Sabtu, 26 November 2011

Materi Logika Matematika

1. Pernyataan
Pernyataan sering juga diistilahkan dengan proposisi atau deklarasi atau statemen. Pernyataan adalah kalimat yang memiliki nilai benar atau salah saja, tetapi tidak sekaligus benar dan salah. Sebuah pernyataan dilambangkan dengan huruf kecil seperti p,q,r dan sebagainya. Untuk menunjukkan suatu pernyataan benar atau salah, dapat digunakan cara sebagai berikut:
Dasar empiris, yaitu menunjukkan benar atau salah sebuah pernyataan berdasarkan fakta yang dijumpai dalam kehidupan nyata
Contoh :
Jakarta adalah ibukota Indonesia. (pernyataan bernilai salah)
Semua ikan bertelur (Penyataan bernilai salah)
Dasar tidak empiris, yaitu menunjukkan benar atau salah sebuah pernyataan melalui bukti atau perhitungan dalam matematika.
Contoh
Dalam ABC, berlaku ∠A+∠B+∠C=〖180〗^0 (pernyataan bernilai benar)
Akar-akar persamaaan kuadrat x^2-x+7=0 adalah bilangan real (pernyataan bernilai salah)
Pernyataan yang benar memiliki nilai kebenaran B (benar) atau 1. Dan pernyataan salah memiliki neilai kebenaran S (salah) atau 0. Nilai kebenran dapat ditulis menggunakan lambing huruf Yunani Ï„ (bibaca: “tau”).
2. Kalimat Terbuka
Kalimat terbuka adalah kalimat yang memuat peubah atau variable, sehingga nilai kebenarannya belum dapat di tentukan. Sebuah kalimat terbuka dapat berubah jadi pernyataan, jika peubahnya diganti oleh suatu anggota semesta pembicaraan.
Jika anggota semesta pembicaraan menggantikan peubah dalam suatu kalimat terbuka sehingga menjadi pernyataan yang bernilai benar, maka anggota tersebut dinamakan penyelesaian kalimat terbuka tersebut. Himpunan yang terdiri dari semua penyelesaian suatu kalimat terbuka dinamakan himpunan penyelesaian kalimat terbuka tersebut.

3. Ingkaran dari Suatu Pernyataan
Misalkan p adalah suatu pernyataan lain yang dibentuk dari pernyataan p dengan cara menuliskan “adalah salah bahwa ….” Sebelum pernyataan p, atau jika mungkin dengan menyisipkan kata “tidak” atau “bukan” pada pernyataan p dinamakan negasi dari pernyataan p atau ingkaran dari pernyataan p. Ingkaran dari pernyataan p ditulis ~p atau p ̅
4. Penyataan Majemuk
Dua pernyataan atau lebih dapat dikomposisikan dengan kata hubung dan membentuk pernyataan baru yang dinamakan pernyataan majemuk.
Dalam suatu pernyataan majemuk tidak harus adanya hubungan antarkomponen-komponen hal ini merupakan sifat dasar di dalam logika matematika.
Konjungsi
Dua pernyataan yang dikomposisikan dengan kata penghubung logika “dan” untuk membentuk suatu pernyataan majemuk dinamakan kongjungsi. Dalam bentuk lambang, konjungsi dari pernyataan p dan q ditulis p∧q. Nilai kebenaran p∧q memenuhi sifat berikut
p q p∧q
B B B
B S S
S B S
S S S
Negasi dari pernyataan p dan q ditulis (p∧q) ̅ adalah p ̅∨q ̅ atau (p∧q) ̅≡p ̅∨q ̅.
Disjungsi
Dua pernyataan yang dikomposisikan dengan kata penghubung logika “atau” untuk membentuk suatu pernyataan majemuk dinamakan disjungsi. Dalam bentuk lambang, disjungsi dari pernyataan p dan q ditulis p∨q. Nilai kebenaran p∨q memenuhi sifat berikut
p q p∨q
B B B
B S B
S B B
S S S
Negasi dari pernyataan p dan q ditulis (p∨q) ̅ adalah p ̅∧q ̅ atau (p∨q) ̅≡p ̅∧q ̅.
Implikasi
Dari pernyataan p dan q dapat dibuat pernyataan dalam bentuk “jika p maka q” dinamakan implikasi. Implikasi “jika p maka q” dilambangkan dengan p⇒q. Nilai kebenaran p⇒q ditentuka melalui tabel berikut:
p q p⇒q
B B B
B S S
S B B
S S B
Negasi dari pernyataan p⇒q di tulis p⇒q adalah p∧q ̅
Biimplikasi
Pernyataan bersyarat berbentuk p jika dan hanya jika q dinamakan biimplikasi. Pernyataan ini merupakan gabungan dari pernyataan p⇒q dan q⇒p. Oleh karena itu dinamakan implikasi dwi arah. Bimplikasi p jika dan hanya jika q dinyatakan dengan lambang p⇔q.
Nilai kebenaran biimplikasi p⇔q dinyatakan dalam tabel berikut
p q p⇔q
B B B
B S S
S B S
S S B
Ingkaran dari biimplikasi dilambangkan dengan (p⇔q) ̅ adalah (p∧q ̅ )∨(p ̅∧q)



sumber : http://armandpattinson.blogspot.com/2010/12/jika-anda-ingin-men-download-file.html#!/2010/12/jika-anda-ingin-men-download-file.html

Materi Ilmu Pendidikan

  1. Kriteria Pengantar Ilmu Pendidikan dikatakan sebagai ilmu :
    a. Obyektif = Memiliki sasaran atau obyek yang dikaji, sehingga obyek pendidikan adalah peserta didik, pendidik, mileu (lingkungan) tujuan yang dicapai adalah kurikulum, interaksi secara pendidik dan peserta didik.
    b. Sistematis = Teratur atau terorganisir dan bersifat subyektif.
    c. Metodis = Mempunyai metodologi tertentu.
  • Menurut pendapat saya Pengantar Ilmu Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara kita memandang atau mendeskripsikan pendidikan secara luas dan mempraktekkannya dengan manusia sebagai pelakunya berdasarkan pemikiran yang sistematis tentang pendidikan.
  1. a. Homo Educandum = Manusia sebagai makhluk yang dapat dididik dan mendidik dirinya sendiri.
    b. Al-Insan = Manusia sebagai makhluk yang mempunyai daya nalar dan daya pikir yang dengannya dapat maju dan berkembang.
    c. Homo Faber = Manusia dapat membuat alat-alat dan mempergunakannya atau disebut sebagai manusia kerja dengan salah satu tindakan atau wujud budayanya berupa barang buatan manusia (artifact).
    d. Al- Basyar = Tidak lain adalah pengertian manusia pada umumnya, yaitu pada manusia dalam kehidupan sehari-hari yang sangat bergantung pada kodrat alamiyahnya, seperti makan, minum, tumbuh, berkembang, dan akhirnya mati dan hilang dari peredaran kehidupan dunia.
  2. a. Pendidikan = Memiliki jangkauan yang lebih luas dari pada pengajaran. Tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan atau keterampilan namun juga menanamkan norma yang luhur.
    b. Pengajaran= Menyerahkan atau menyampaikan ilmu pengetahuan atau keterampilan kepada orang lain.
    c. Tarbiyah = proses pengembangan dan bimbingan, meliputi jasad, akal, dan jiwa, yangdilakukan secara berkelanjutan, dengan tujuan akhir si anak didik tumbuh dewasa dan hidup mandiri di tengah masyarakat. Titik tekannya difokuskan pada pengembangan ilmu dalam diri manusia dan pemupukan akhlak yakni pengalaman ilmu yang benar dalam mendidik pribadi.
d. Ta'dib = Sebagai proses mendidik yang di fokuskan kepada pembinaan dan penyempurnaan akhlak atau budi pekerti pelajar(sopan santun).Titik tekannya adalah pada penguasaan ilmu yang benar dalam diri seseorang agar menghasilkan kemantapan amal dan tingkah laku yang baik.
e. Ta'lim = Proses pemberitahuan sesuatu dg berulang-ulang dan sering (intensitasnya), sehingga muta'allim (siswa) dapat mempersepsikan maknanya serta berbekas di dirinya (selalu ingat).titik tekannya adalah penyampain ilmu pengetahuan yang benar, pemahaman, pengertian, tanggung jawab dan penanaman amanah kepada anak.

  1. Pengertian Pendididkan :
  • Ahli Barat
    Menurut John dewey, pendidikan adalah rekonstruksi atau reorganisasi pengalaman yang menambah makna pengalaman dan yang menambah kemampuan untuk mengarahkan pengalaman selanjutnya.
    Kesimpulan : Pendidikan adalah sebuah pengalaman dan pengalaman tersebut semakin hari akan semakin bertambah.
  • Ahli Timur
    Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Maksudnya adalah menuntut segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
    Kesimpulan : Pendidikan adalah kekuatan tumbuh dan berkembang manusia untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki.
  1. Asas dan Landasan Pendidikan di Indonesia
  • Landasan Pendikan di Indonesia :
    A. Landasan filosofis yaitu landasan yang didasarkan pada keberadaan & kedudukan manusia sebagai mahluk di dunia ini, hakikat masyarakat dengan kebudayaannya, keterbatasan manusia sebagai mahluk hidup yang selalu menghadapi tantangan, & perlunya landasa pemikiran dalam pendidikan terutama filsafat pendidikan.
    B. Landasan sosiologis yaitu landasan yang didasarkan bahwa manusia adalah mahluk sosial.
    C. Landasan kultural yaitu landasan yang didasarkan pada hasil cipta, rasa & karsa manusia yang disebut kebudayaan.
    D. Landasan historis yaitu landasan yang didasarkan pada keberadaan pendidikan yang telah ada sejak adanya manusia hingga
    E. Landasan psikologis yaitu landasan yang didasarkan pada aspek kejiwaan manusia, yang mana manusia adalahmerupakan pelaku pendidikan.
    F. Landasan ilmiah & teknologi yaitu landasan yang didasarkan bahwa pendidikan berperan mewarisi & sekaligus mengembangkan iptek
  • Asas Pendidikan di Indonesia :
    A. Asas ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tutwuri handayani :
    didepan pendidik memberi contoh, ditengah memberi dorongan, dan dibelakang memberi pengaruh agar menuju kebaikan.
    B. Asas pendidikan sepanjang hayat : pendidikan itu dimulai dari lahir sampai mati
    C. Asas semesta, menyeluruh & terpadu : Semesta berarti terbuka bagi seluruh rakyat dan seluruh wilayah negara, menyeluruh artinya mencakup semua jalur, jenang dan jenis pendidikan terpadu artinya saling berkaitan antara pendidiksn dengan pembangunan nasional.
    D. Asas manfaat : pendidikan harus mengingat kemanfaatannya bagi masadepan pesrta didik, masyarakat, bangsa, negara & agama.
    E. Asas usaha bersama : Pendidikan menekankan kebersamaan antara keluarga, sekolah dan masyarakat
    F. Asas demokratis : Pendidikan harus dilaksanakan dalam suasana & hubungan yang proporsional antara pendidik dengan peserta didik, ada keseimbangan antara hak dan kew ajiban masing-masing pihak.
    G.Asas adil dan merata : Semua kepentingan berbagai pihak harus mendapat perhatian dan perlakuan yang seimbang, tidak ada diskriminasai.
    H.Asas perikehidupan : Memperhitungkan segala segi kehidupan manusia, misalnya jasmani, rohani, dunia akhirat, individual dan sosial, dan sebagainya.
    I. Asas Kesadaran Hukum : Pendidikan harus sadar dan taat pada peraturan yang berlaku serta menegakkan dan menjamin kepastian hukum.
    J. Asas Kepercayaan Pada Diri Sendiri : Pendidik dan peserta didik harus memiliki harus memiliki kepercayaan diri sehingga tidak ragu dan setengah-setengah dalam melaksanakan pendidikan.
    K. Asas Efisiensi dan Efektivitas : Pendidikan dituntut kehematan dan hasil guna yang tinggi.
    L. Asas Mobilitas : Dalam pendidikan harus ditumbuhkan keaktifan, kreativitas, inisiatif, keterampilan, inofativ, kelincahan, dan sebagainnya.
    M. Asas Fleksibilitas : Dalam pendidikan harus diciptakan keluwesan baik dalam materi maupun caranya, sesuai dengan keadaan, waktu dan tempat.

  1. Prinsip Antropologis manusia dapat dididik dan mendidik dirinya sendiri
  • Manusia dapat dididik :
    1. Prinsip Potensialitas = Manusia akan dapat didik karena ia memiliki potensi untuk menjadi manusia ideal.
    2. Prinsip Dinamika = Manusia (peserta didik) meniliki dinamika untuk menjadi manusia ideal. Manusia (peserta didik) selalu aktif baik dalam aspek fisiologis maupun spiritualnya. Karena itu dinamika manusia mengimplikasikan bahwa ia akan dapat dididik.
    3. Prinsip Individualitas = Manusia (peserta didik) adalah individu yang memiliki kesendirian (subjektivitas), bebas dan aktif berupaya untuk menjadi dirinya sendiri.
    4. Prinsip Sosialitas = Pendidikan hakikatnya berlangsung dalam pergaulan (interaksi/komunikasi) antar sesama manusia (pendidik dan peserta didik).
    5. Prinsip Moralitas = Pendidikan bersifat normatif artinya dilaksanakan berdasarkan system norma dan nilai tertentu. Manusia berdimensi moralitas, karena manusia mampu membedakan yang baik dan yang jahat.
  • Manusia dapat Mendidik :
    1. Prinsip Historisitas = Eksistensi manusia terpaut dengan masa lalunya sekaligus mengarah kemasa depan untuk mencapai tujuan hidupnya.
    2. Prinsip Idealitas = Manusia mengemban tugas untuk menjadi manusia ideal. Sosok manusia ideal merupakan gambaran manusia yang dicita-citakan atau yang seharusnya. Sebab itu, sosok manusia ideal tersebut belum terwujudkan melainkan harus diupayakan untuk diwujudkan.
    3. Prinsip Posibilitas/Aktualitas = Manusia memang telah dibekali untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, potensi untuk dapat berbuat baik, potensi cipta, rasa, karsa, dsb. Namun setelah kelahirannya, bahwa berbagai potensi tersebut mungkin terwujudkan, mungkin kurang terwujudkan, atau mungkin pula kurang terwujudkan. Manusia mungkin berkembang sesuai kodrat dan martabat kemanusiaannya. Sebaliknya mungkin pula ia berkembang kea rah yang kurang atau tidak sesuai dengan kodrat dan martabat kemanusiaannya.

  1. Interpretasi Guru yang Profesional
  • Interpretasi guru dapat dikatakan profesional jika memiliki 4 kompetensi dasar berikut :
    a. Personal = Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berahklak mulia.
    b. Profesional = Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.
    c. Pedagogis = Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.
    d. Sosial = Kompetensi sosial adalah kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
  • Selain kompetensi diatas guru profesional juga harus memiliki beberapa kriteria berikut:
    1. Terampil mengajar, seorang guru juga memiliki pengetahuan yang luas, bijak, dan dapat bersosialisasi dengan baik.
    2.Mereka harus memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme.
    3. Memiliki kualifikasi pendidikan dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang tugasnya.
    4. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya.
    5. Mematuhi kode etik profesi.
    6. Memiliki hak dan kewajiban dalam melaksanakan tugas.
    7. Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerjanya.
    8. Memiliki kesempatan untuk mengembangkan profesinya secara berkelanjutan.
    9. Memperoleh perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas profesionalnya.
    10. Memiliki organisasi profesi yang berbadan hukum.
    (sumber UU tentang Guru dan Dosen)
  1. Sifat-sifat Ilmu Pendidikan:
    a. Ilmu Pendidikan bersifat Empiris : karena objeknya (fenomena atau situasi pendidikan) dijumpai dalam dunia pengalaman.
    b. Ilmu Pendidikan bersifat Rokhaniyah : karena situasi pendidikan berdasar atas tujuan manusia tidak membiarkan peserta didik kepada keadaannya melainkan kearah manusia susila yang berbudaya.
    c. Ilmu Pendidikan bersifat Normatif : karena berdasar atas pemilihan antara yang baik dan yang tidak baik untuk peserta didik pada khususnya dan manusia pada umumnya.
    d. Ilmu Pendidikan bersifat Historis : karena memberikan uraian teoritis tentang sistem-sistem pendidikan sepanjang jaman dengan mengingat latar belakang kebudayaan dan filsafat yang berpengaruh pada jaman-jaman tertentu.
    e. Ilmu Pendidikan bersifat Teoritis : karena memberikan pemikiran yang tersusun secara teratur dan logis (sistematis) tentang masalah-masalah ketentuan-ketentuan pendidikan.
    f. Ilmu Pendidikan bersifat Praktis : karena memberikan pemikiran tentanh masalah dan ketentuan-ketentuan pendidikan yang langsung ditujukan kepada perbuatan mendidik.

Iman kepada Allah

Iman kepada Allah artinya percaya dengan yakin bahwa Allah itu ada. Dengan kata lain taat, patuh atau selalu menurut kepada Allah swt, selalu mengerjakan  perintahnya dan menjauhi laranganNya:

Adapun cara taat kepada Allah antara lain;
  1. Apabila telah masuk waktu shalat, segeralah kerjakan shalat, dengan tertib dengan tidak terburu-buru
  2. Membiasakan  membaca Al-Qur’an
  3. Jika datang  bulan Ramadhan, berpuasa
  4. Jujur, sopan santun kepada semua orang
  5. Menurut nasehat  ibu, ayah dan guru
  6. Jangan sekali-kali mengambil barang orang lain
  7. Jangan menjadi anak yang sombong
  8. Bersyukur jika mendapat kesenangan
  9. Bersabar dalam menghadapi cobaan
Hanya Dialah yang berhak disembah yaitu Allah swt. Beriman kepada Allah adalah beriman segala apa yang dikabarkan dalam kitab-kitab suci atau apa yang diceritakan oleh rasul tentang asma dan sifat-sifatnya. Adapun sifat-sifat yang wajib bagi Allah yaitu:
  1. Wujud artinya ada
  2. Qidam artinya terdahulu
  3. Qiyamu binafshi artinya Tuhan itu terdiri sendiri mustahil bersaudara
  4. Baqa artinya maha kekal tiada penghabisan
  5. Quadrat artinya maha kuasa mustahil al ajzu artinya lemah
  6. Iradat artinya berkehendak
  7. Al ilmu artinya Allah maha mengetahui
Melihat segala sesuatu yang mustahil Allah itu buta atau tidak melihat. Al qalam lawannya al baqam artinya Allah itu bersifat qalam, dan dapat bercakap-cakap tetapi hanya orang yang dikehendakiNya.
Sifat Allah yang wajib dan mustahil diketahui oleh manusia. Adapun sifat yang jaiz yaitu Allah itu ada yang membuat alam ini atau mentiadakannya itu semua kehendaknya.

sumber : http://www.masbied.com/2011/07/23/materi-pesantren-kilat-rukun-iman/

Tips Merawat Kulit Wajah Dengan Buah

Buah-buahan selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh kita, ternyata buah mempunyai kelebihan yang sangat bermanfaat. Buah- buhan ternyata juga bisa membuat wajah kita menjadi cantik secara alami. Berikut beberapa buah yang dapat mempercantik wajah anda.

Buah Apel
Buah apel ini cocok di gunakan untuk wajah anda yang berminyak. Caranya ambil 1 buah apel, kemudian potong-potong dan masukan ke dalam blender. Blender apel sampai halus tanpa menggunakan air. Setelah di blender balurkan secara merata pada wajah anda. sebelum membalurkan sebaiknya bersihkan dahulu wajah anda. setelah di balur diamkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan air dingin untuk meringkaskan pori-pori. Lakukanlah seminggu sekali.

Kulit Jeruk
Selain buahnya yang enak di makan, ternyata kulit jeruk bisa bermanfaat untuk wajah anda. Terutama untuk wajah anda yang kusam. Caranya tusuk-tusuk kulit jeruk denga garpu, kemudian masukan kulit jeruk ke dalam air hangat dan rendam selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah di bersihkan kemudian keringkan dengan handuk. Berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

Buah Pepaya
Pepaya bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit anda, haluskan pepaya yang ranum kemudian campurkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Pepaya ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut di wajah. Jika ingin hasil yang maksimal gunakan seminggu sekali.

Buah Melon
Melon dapat mendinginkan kulit anda yang terbakar matahari. Iris tipis melon lalu kompreskan selama 20 menit pada wajah anda yang telah di bersihkan, lalu bilas. Buah melon ini mengandung zat astrigent yang bermanfaat sebagi tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar karena matahari.

Dengan buah-buahan ini semoga bisa bermanfaat dan menjadikan wajah anda segar dan cantik alami tanpa menggunakan obat kecantikan.



sumber : http://www.dechacare.com/Tips-Merawat-Kulit-Wajah-Dengan-Buah-I519.html

Kamis, 24 November 2011

Hukum Wanita Bepergian / Mabit

Wanita yang sudah akil baligh memang tidak diperkenankan untuk keluar rumah lebih dari tiga hari kecuali ditemani oleh mahram atau suaminya. Larangan ini bersifat umum dan jelas berdasarkan sabda Rasulullah SAW :
`Tidak halal bagi wanita muslim bepergian lebih dari tiga hari kecuali bersama mahramnya`.
Para ulama berbeda pendapat bila tujuannya adalah untuk pergi haji. Dalam masalah mahram bagi wanita dalam pergi haji, ada dua pendapat yang berkembang.
1. Pendapat Pertama : Mengharuskan ada mahram secara mutlak.
Seorang wanita yang sudah akil baligh tidak diperbolehkan bepergian lebih dari tiga hari kecuali ada suami atau mahram bersamanya. Hal itu sudah ditekankan oleh Rasulullah SAW sejak 14 abad yang lalu dalam sabda beliau.
Dari Ibnu Abbas ra berkata bahwa Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,`Janganlah seorang laki-laki berkhalwat dengan wanita kecuali bila ada mahramnya. Dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya. Ada seorang yang berdiri dan bertanya,`Ya Rasulullah SAW, istriku bermaksud pergi haji padahal aku tercatat untuk ikut pergi dalam peperangan tertentu. Rasulullah SAW bersabda,`Pergilah bersama istrimu untuk haji bersama istrimu`. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad.)
Hal itu juga diungkapkan oleh Ibrahim An-Nakha`i ketika seorang wanita bertanya via surat bahwa dia belum pernah menjalankan ibadah haji karena tidak punya mahram yang menemani. Maka Ibrahim An-Nakha`i menjawab bahwa anda termasuk orang yang tidak wajib untuk berhaji. Kewajiban harus adanya mahram di atas adalah sebuah pendapat yang dipegang dalam mazhab Hanafi dan para pendukungnya. Juga pendapat An-Nakha`i, Al-Hasan, At-Tsauri, Ahmad dan Ishaq.
2. Pendapat Kedua : Tidak mengharuskan secara mutlak
Seorang wanita boloeh bepergian untuk haji asal ada mahram atau suami atau ada sejumlah wanita lain yang tsiqah (dipercaya). Ini adalah pendapat yang didukung oleh Imam Asy-Syafi`i ra. Bahkan dalam satu pendapat beliau tidak mengharuskan jumlah wanita yang banyak tapi boleh satu saja wanita yang tsiqah. Bahkan dalam riwayat yang lain seorangwnaita boleh pergi haji sendirian tanpa mahram asal kondisinya aman.
Namun semua itu hanya berlaku untuk haji atau umrah yang sifatnya wajib. Sedangkan yang sunnah tidak berlaku hal tersebut. Pendapat ini didasarkan pada sabda Nabi yang menyebutkan bahwa suatu ketika akan ada wanita yang pergi haji dari kota Hirah ke Mekkah dalam keadaan aman. Rasulullah SAW bersabda,
`Wahai Adi, bila umurmu panjang wanita di dalam haudaj (tenda di atas punuk unta) bepergian dari kota Hirah hingga tawaf di Ka`bah tidak merasa takut kecuali hanya kepada Allah saja`. (HR. Bukhari)
Selain itu pendapat yang membolehkan wanita haji tanpa mahram juga didukung dengan dalil bahwa para istri nabi pun pergi haji di masa Umar setelah diizinkan oleh beliau. Saat itu mereka ditemani Utsman bin Affan dan Abdurrahman bin Auf. (HR. Bukhari).
Ibnu Taymiyah sebagaimana yang tertulis dalam kitab Subulus Salam mengatakan bahwa wnaita yang berhaji tanpa mahram, hajinya syah. Begitu juga dengan orang yang belum mampu bila pergi haji maka hajinya syah.
Karean itu bila memang tidak terlalu penting dan lengkap persyaratannya, sebaiknya para akhwat tidak diprogram dengan acara yang menginap, apalagi di luar kota. Kecuali dengan pertimbangan yang betul-betul matang sekali dan dengan alasan yang sangat kuat pada kasus tertentu.

Sumber : http://elfadhi.wordpress.com/2007/03/29/hukum-wanita-bepergian-mabit/